Jumat, 24 Desember 2010

Apa itu Web Programmer ??

                 Topik tulisan kali ini akan menyinggung sedikit tentang apa sih yang disebut dengan web development, web programmer, web designer / desainer web. Apa pula yang menjadi tolok ukur seseorang mendapat / disebut sebagai programmer web. Apakah saya, anda layak disebut web programmer? disebut web desainer? Tulisan dibawah ini akan mengupas secara ringkas dan semaunya.
                 

Web development, programmer dan web programmer dalam wikipedia

              By the way, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan web programmer itu sendiri? Apakah hanya sebutan, gelar atau predikat tanpa subject dan keterangan?
Supaya tidak salah kaprah dan makin tidak karuan ada baiknya kita cari tahu dulu apa dan dimana letak posisi web programming dalam dunia web development (pengembangan website).
Menurut definisi dari Wikipedia, bahwa 
Web Development sendiri adalah 


"Web Development adalah pekerjaan mengembangkan website baik di lingkungan internet atau di intranet yang dapat meliputi desain web, pengembangan konten,  berhubungan dengan klien/pelanggan, pengerjaan skrip baik client-side (sisi klien/browser-user agent) dan atau server-side (yang di dalam server), web server, konfigurasi keamanan jaringan dan pekerjaan e-commerce (transaksi elektronik?). 
Meski begitu, diantara pekerja profesional website, istilah "web development" sendiri seringkali merujuk pada aspek utama non-desain, seperti menulis kode alias koding. Web development dapat bermakna luas mulai dari pengembangan satu halaman statis hingga aplikasi internet berbasis web yang sangat kompleks. 
Bagi organisasi besar dan (bisa perusahaan) bisnis, team pengembang website dapat hanya terdiri dari seorang webmaster (permanen atau tenaga kontrak), atau dengan orang lain yang ditempatkan dalam pekerjaan terkait seperti desainer grafis dan atau teknisi sistem informasi. "
 sementara istilah programmer itu sendiri seperti dikutip dari WikiPedia:
"A programmer, computer programmer or coder is someone who writes computer software. The term computer programmer can refer to a specialist in one area of computer programming or to a generalist who writes code for many kinds of software. ... "



yang artinya kurang lebih:
"Seorang programmer, baik komputer atau koder adalah seseorang yang menulis / membuat perangkat lunak komputer. Istilah programmer komputer itu sendiri mengacu pada seorang spesialis (dalam satu bidang programming) atau digeneralisir sebagai orang yang menulis kode untuk banyak macam perangkat lunak."
 Bila digabungkan antara definisi web development dan programmer (secara umum), maka bisa dikatakan bahwa web programmer adalah orang yang menulis kode/koder baik yang menguasai satu atau beberapa bidang program dan melakukan pekerjaannya dalam mengembangkan suatu website atau aplikasi internet berbasis web. 
definisi terakhir ini adalah opini pribadi dan bila tidak sesuai dengan arti sebenarnya silakan dikoreksi.

Intermesso sedikit, apakah anda pernah menjadi seorang web developer, sekaligus desainer, flasher (yang bikin animasi flash), pengamanan / sekuritas website, maintainer dan web master (konseptor) sekaligus dan bekerja dalam suatu proyek atau sebagai tenaga kontrak / tetap disuatu perusahaan ? 
Bila iya, maka selayaknya anda mendapat apresiasi lebih dari sekedar personil pengembang website. Bila tidak mendapat apresiasi lebih, sebaiknya anda mulai memikirkan masa depan yang lebih baik.
 Am I programmer (or not)? It's your choice
                 Apakah ketika anda bisa membuat gambar / desain lalu dapat disebut web designer? Tanpa ada maksud menyerang siapapun, hanya menurut saya bila hanya bisa menggambar desain dan tidak mengerti apa itu typografi (lebih spesifik web typography), css (cascading style sheet), web color, dan banyak lagi seperti web accesibility, maka tidak layak disebut apalagi mengaku-aku sebagai web desainer, melainkan pembuat gambar saja.

Bila seseorang bisa menulis
<? php echo "hello world, I'm programmer" ; ?>
 (tanpa tanda spasi antara < > dan ? ), maka bisa disebut apalagi menggelari diri sebagai web programmer?
Banyak kasus dimana seorang pemula yang baru belajar menulis satu baris kode bahasa program lalu menyebut diri (lebih parah kalau maunya dipanggil master ... master dari hongkong :P)  sebagai web programmer, tanpa mengetahui definisinya.

Tulisan ini dibuat sekedar pengingat agar kita (terutama yang bekerja di dunia web) agar makin mawas diri dan tidak terlena dengan sebutan atau (yang parah) minta disebut web programmer.
Memang sebutan web programmer tidak ada salahnya, karena segala sesuatu ada tahapan-tahapannya, hanya bila untuk kemudian menjadikan diri menjadi lengah dan tidak mau mengembangkan diri (dunia website kan tidak hanya melulu menulis kode) maka anda layak dapat batu bata dan bukan cendol.

Dimana posisi anda sebagai web programmer ?

                Lalu apakah dan dimanakan tahapan-tahapan web progammer pemula dan kelas master?
Nah kalau yang ini terus terang saya tidak tahu menahu. Apakah tolok ukur /parameternya ada pada jenjang dunia pendidikan tinggi (strata) ?
Menurut pendapat saya, jenjang kemahiran seorang web programmer/desainer tampaknya tidak bisa diukur melalui parameter strata pendidikan tinggi.

Mengapa?
Karena, sejauh yang saya amati tidak ada jaminan bahwa lulusan strata  (baik strata satu, dua atau tiga) di bidang web programming  (bagian dari pendidikan Teknologi Informasi secara spesifik, cmiiw), akan lebih unggul dibanding yang tidak melalui tahapan strata-strata itu.
Contohnya? silakan dicari di mesin pencari, betapa banyak non-alumni pendidikan tinggi (dalam atau luar negeri) yang tidak kalah bersaing (bahkan lebih mahir) dibanding alumni pendidikan tinggi teknologi informasi.

Saya tidak mengatakan bahwa pendidikan tinggi TI itu tidak manfaat ya. Jangan salah baca. Hanya bila pengelompokan tingkat kemahiran didasarkan pada berapa banyak gelar pendidikan tinggi dan bukan pada keahlian dan ketrampilan (experting dan skills) maka hasilnya akan bias (seperti cahaya yang membias saat melintasi air).

Percaya atau tidak, saya pernah menemui seseorang yang katanya (setelah dicek bener juga) alumnus pendidikan tinggi TI yang tidak tahu apa itu FTP (File Transfer Protocol) apalagi cara pakainya. nah kalau begini apa jadinya? 



"Dunia website tidaklah seluas layar monitor komputer, meski anda bisa berselancar keliling dunia hanya dari depan komputer dan koneksi internet"

8 komentar:

Hey! Do yοu κnow if thеу mаkе аny
ρlugins tο ѕafеguаrd against hackerѕ?
I'm kinda paranoid about losing everything I'vе worκеd hагd on.
Anу recοmmenԁations?

Heге is my webpаge :: 3d tattoos

Grеetings from Οhio! I'm bored to death at work so I decided to browse your blog on my iphone during lunch break. I enjoy the info you provide here and can't waіt to take a
lоok when I get home. I'm shocked at how fast your blog loaded on my cell phone .. I'm not even using WIFI,
just 3G .. Anywaуs, superb sitе!


Alsо viѕit mу wеbpage - garage door repair phoenix

Hοwdy! Do уou usе Τwitter?
I'd like to follow you if that would be okay. I'm
absolutеly enjоyіng your blοg аnd lоok forwaгd to new updates.


My web blog emergency garage door repair

This іs ωhу goveгnment еntitiеѕ
in varіouѕ nаtiοns aгound the
worlԁ аre ԁoіng all sοгts of
thingѕ they cаn within thеir pοωer to prepare
for the nеxt ѕet οf youth generation who wіll еnter into the wοrld.
It's also a way to fill time, if the wedding planners know this isn't
а "dancing" grοup or іf yоu want to looѕеn рeoplе up foг а lοng night οf celebratіng.
There are computeг gаmеs that are
sρеcificаlly based around educationаl lеarnіng
standаrds. Guess Whаt Bаby Item - Μotherѕ wіll
enjoy this game the most. In this game blocks аre giνen wіth some numbeгѕ wіth some
emρty blocks.

Alѕo viѕit my web ѕite: free unblocked game

It's amazing to go to see this website and reading the views of all friends regarding this article, while I am also keen of getting familiarity.

Feel free to surf to my web site learn seo online

Hi everybody, here every person is sharing such know-how, therefore it's nice to read this weblog, and I used to visit this weblog every day.

My site: green carpet cleaning phoenix

This is possible opportunity to race in broadband without finding a ticket or crash.
You are going to be challenged from the animated characters that accompany laughter and adventure.
No a boost in traffic jams about the way to work with no
more late hours in the office get this to one with the best
times in the retiree. However, you permit some adjectives,
nouns, adverbs along with words blank. For sure, in case you include these games inside your friend's hen event she would definitely appreciate it and appreciates almost everything you needed prepared for her.

My homepage: unblocked Racing Games

Posting Komentar